Faktor Biang Keringat Pada Bayi

biang keringat pada bayi

Kulit bayi berkali kali lipat lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Hal hal yang kurang sesuai sedikit saja bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah ruam popok. Kulit bayi di area selangkangan dan pantat kerap terlihat kemerahan jika terlalu lama menggunakan diapers. Ruam tersebut biasanya menyebabkan rasa gatal sehingga bayi jadi lebih rewel.

Masalah lain yang cukup membuat banyakorang tua kelimpungan adalah munculnya biang keringat pada bayi. Biang keringat adalah bintik bintik kecil yang munculdalam jumlah cukup banyak di satu area tubuh tertentu. Daerah yang palingsering terkena biang keringat ini adalah jidat, leher, dan bagian bagian lainmudah lembab.

Faktor Penyebab Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat pada bayi dapat terjadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapapenyebabnya:

  1. Cuaca yang Panas dan Lembab

Kulit bayi belum memiliki mekanisme yang sempurna untuk mendingingkan dirinya. Itulah sebabnya jika cuaca terlalu panas atau lembab kulit bayi akan mulai mengeluarkan biang keringat. Jumlah biang keringat ini bisa semakin banyak jika seiring bertambahnya jumlah keringat yang diproduksi oleh kulit bayi.

  • Iritasi Pakaian

Biang keringat di kulit bayi juga bisa muncul karena gesekan dengan kain pakaian. Bisa jadi bahan pakaian yang dikenakan oleh bayi Anda kurang sesuai dan terlalu kasar untuk kulit bayi.

  • Produk Perawatan Kulit yang Kurang Sesuai

Mengingat kulit bayi yang sangat sensitif, kemungkinan biang keringat juga bisa muncul karena produk yang Anda pakaikan pada kulit bayi Anda kurang sesuai. Produk produk tersebut mencakup sabun, lotion bayi, dan krim krim lain yang biasa dioleskan pada tubuh bayi.

Cara Mengatasi Biang Keringat

  1. Menjaga Kulit Bayi tetap Sejuk
Baca Juga :  Bingung Memilih Kasur Bayi Baru Lahir?Berikut 5 Tips Yang Wajib Anda Ketahui

Agar terhindar dari biang keringat usahakan untuk membuat bayi Anda senantiasa merasa sejuk. Selain menghindarkan bayi dari biang keringat udara yang sejuk juga akan membuat bayi Anda lebih tenang dan tidak rewel.

  • Memilih Bahan Pakaian yang Sesuai

Karena kulit bayi masih sangat sensitif maka bahan pakaian yang dipilihkan juga harus ekstra hati hati. Sebaiknya pilihkan pakaian yang berbahan lembut agar ketika bergesekan dengan kulit tidak menyebabkan iritasi dan biang keringat. Hindari juga memakaikan pakaian yang terlalu tebal jika udaranya tidak dingin agar kulit bayi tidak kepanasan.

  • Gunakan Krim untuk Biang Keringat

Jika biang keringatsudah terlanjur keluar maka obatilah dengan obat khusus yang biasanya berbentuksalep atau bedak. Salep biang keringatbayi ampuh menghilangkan tumpukan biang keringat dalam beberapa hari.

Sebagaimana ruam popok, biang keringat adalah masalah yang terbilang lazim pada bayi. Sebagai orang tua pastikan Anda tidak panik agar bisa mengambil penangan yang paling tepat bagi anak Anda. Kini bedak atau salep khusus untuk biang keringat pada bayi semakin beragam dan bisa ditemukan dengan mudah. Anda bisa mendapatkan produk produk tersebut di apotek terdekat atau membelinya secara online.

Jika setelah diobati sendiri biang keringat tak kunjung hilang maka Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Biang keringat yang wajar biasanya akan hilang sekitar 3 hingga 5 hari. Jika ditangani dengan tepat hilangnya biang keringat tersebut bisa jadi lebih cepat.