Mau Berat Janin Bertambah dengan Cepat? Konsumsi Makanan Ini Saja!

makanan penambah berat badan janin dengan cepat

Selama kehamilan, penting banget, ya, Moms, untuk selalu memantau perkembangan janin. Janin yang sehat bisa dilihat dari beratnya yang terus meningkat seiring waktu. Patokannya, sampai usia 42 minggu, idealnya berat janin sudah mencapai 3 kg. Untuk mengetahuinya, berbeda dengan mengukur berat badan bayi, berat janin dan pertumbuhannya bisa dilihat melalui USG. Jadi, Moms jangan malas untuk rutin cek USG, ya, khususnya setelah bulan kelima. Kalau ada apa-apa, Moms bisa langsung tahu masalahnya setelah USG dan mengatasinya dengan cepat.

Nah, kalau untuk menambah berat janin, sebenarnya caranya tidak sulit. Moms cuma perlu tegas ke diri sendiri untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Abaikan keinginan untuk makan junk food, gorengan, sampai makanan instan. Semua itu cuma akan menambah berat badan Moms, bukannya menambah berat janin. Nah, makanya, berikut adalah makanan penambah berat badan janin dengan cepat yang bisa Moms siapkan dan konsumsi sendiri di rumah.

  • Kacang-kacangan untuk ngemil

Kalau Moms suka ngemil, baiknya Moms juga ngemil yang sehat, yaitu kacang-kacangan. Yap, kacang almond, edamame, kacang mede, dan kacang kenari adalah cemilan yang baik buat Moms karena mengandung protein dan asam folat yang penting untuk pertumbuhan otak janin dan tentunya dapat membantu meningkatkan produksi ASI Moms setelah kelahiran. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung magnesium dan kalsium yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan saraf janin dan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi nantinya. Kandungan kalsiumnya juga baik buat Moms, loh, karena dapat mencegah hipertensi selama kehamilan.

  • Produk olahan kedelai yang murah meriah

Mungkin Moms pernah dengar mitos soal konsumsi kacang kedelai yang tidak cocok untuk ibu hamil. Sebenarnya, selama masih dalam tahap yang wajar, tidak masalah. Hal ini karena kacang kedelai merupakan sumber protein rendah lemak yang sangat baik dan juga mengandung mineral folat, zat besi, kalsium, maupun zinc. Kacang kedelai juga kaya serat dan merupakan sumber nabati yang tinggi asam lemak omega 3 (kalau dari hewan, omega 3 bisa didapatkan dari ikan salmon).

Tapi, memang yang paling baik buat Moms justru adalah produk olahan kacang kedelai yang sudah difermentasikan, seperti tempe dan tahu. Tahu dan tempe tinggi protein, mengandung lemak tak jenuh sampai 80%, dan memiliki komposisi asam amino lengkap yang dapat membantu perkembangan janin sehingga berat badan janin bisa meningkat dengan cepat. Selain itu, harganya yang murah tentu bisa jadi pilihan buat Moms yang ingin sehat, namun tetap irit.

  • Roti gandum untuk sarapan

Pada dasarnya, untuk menambah berat badan janin dengan cepat, makanan yang perlu Moms konsumsi adalah makanan yang tinggi serat dan kayak akan karbohidrat. Namun, karbohidrat yang dikonsumsi berlebihan juga bisa jadi bumerang, Moms, karena bisa berubah menjadi gula saat proses pencernaan. Kalau berlebihan, nantinya bayi akan lahir dengan risiko obesitas sampai kencing manis. Moms pasti tak mau, kan?

Untungnya, gandum tinggi serat dan karbohidrat, namun juga memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga kadar gulanya aman. Sehari-hari, Moms bisa mengonsumsi roti gandum untuk sarapan, bisa ditambahkan telur rebus, selada, dan keju atau selai kacang sebagai campurannya. Moms akan merasa lebih kenyang dibandingkan dengan mengonsumsi roti biasa dan juga tidak akan mudah merasa lapar. Jadi, keinginan ngemil pun akan berkurang.

Untuk janin, roti gandum mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu perkembangan otak dan otot janin. Jadi, berat janin juga akan bertambah dengan cepat.